Friday, May 3, 2013

Meteorologi - Soal Jawab

Soal :

1. Jelaskan gunanya peralatan meteorologi di bawah ini ;
     a. Anemograph
     b. Psychrometer
     c. Termohigrograph
     d. Salinometer

Jawaban :

1. a. Anemograph adalah alat untuk mengukur arah angin dan kecepatan angin secara otomatis.

    b. Psychrometer adalah alat untuk mengukur suhu udara dan kelembaban udara secara manual atau secara pengamatan langsung.

    c. Termohigrograph adalah alat untuk mengukur suhu udara dan kelembaban udara secara otomatis.

    d. Salinometer adalah alat untuk mengukur kadar garam.

2. Apa yang dimaksud dengan :
     a. Intertropical convergence zone
     b. Front Cuaca
     c. Col

Jawaban :

2. a. Intertropical convergence zone adalah sabuk tekanan rendah,merupakan daerah pertemuan massa udara antar benua dengan cakupan yang luas,biasanya berada antara 10 LU - 10 LS dekat equator. Pada daerah ITCZ pada umumnya berpotensi terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan lebat.

2. b. Front cuaca adalah jika dua jenis udara atau lebih saling bertemu maka kedua jenis udara atau lebih tersebut tidak akan dapat langsung bercampur dengan segera satu dengan lainnya,melainkan diantara kedua atau lebih jenis udara tersebut akan terbentuk di bidang pemisah.

2. c. Col adalah sustu daerah yang terletak diantara dua sistem tekanan tinggi dan dua sistem tekanan rendah, sedang pusat daerah col terletak pada titik-titk potong antara garis trough dan garis ridge.

Soal :

3. Bagaimana proses terbentuknya :
     a. Awan kenaikan lambat dan luas.
     b. Awan didaerah front.

Jawaban :

3.a. Awan kenaikan lambat dan luas adalah terjadi oleh gerakan udara vertikal pada suatu udara yang luas karena pengaruh suatu sistem arus udara yang sangat luas.sistem tersebut adalah siste tekanan rendah (depresi) dan sistem tekanan tinggi (antisiklon).

3.b. Awan didaerah front adalah jika massa udara dingin bergerak menggantikan tempat massa udara panas disebut sebagai front dingin.Awan yang terbentuk didaerah front dingin berubah-ubah tergantung dari stabilitas dan kelembaban udara massa udara panas.,demikian juga kecondongan permukaan front.umumnya permukaan front lebih terjal pada front panas.

Soal :

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
     a. Cuaca  ekstrim
     b. Musim hujan
     c. Jenis udara


Jawaban :

4.a. Cuaca ekstrim adalah keadaan atau fenomena fisis atmosfer di suatu tempat,pada waktu tertentu dan berskala jangka pendek dan bersifat ekstrim.
BMKG mengkategorikan cuaca termasuk ekstrim apabila :
- suhu udara permukaan > 35C
- kecepatan angin > 25 knots
- curah hujan dalam satu hari > 50 mm

4.b. Musim hujan adalah musim yang ditandai dengan curah hujan yang terjadi dalam satu dasarian sebesar 50mm atau lebih yang diikuti oleh dasarian berikutnya atau dalam satu bulan terjadi lebih dari 150mm.

4.c. Jenis udara adalah suatu massa udara yang luas berjuta-juta km persegi dan tebalnya sekurang-kurangnya satu kilo meter dimana dari lapis ke lapis yang horizontal menpunyai sifat-sifat fisik yang sama.

Soal

5. Apa perbedaaan antara :
    a. Hujan siklonal
    b. Hujan frontal

Jawaban

5.a. Hujan Siklonal adalah hujan yang terjadi karena udara panas naik disertai angin berputar atau cyclon. Karena kondisi diatas angin , udara menjadi jenuh dan setelah itu terjadilah prosesi kondensasi yang menimbulkan awan dan akhirnya hujan siklonal terjadi.

5.b. Hujan frontal adalah hujan yang terjadi jika massa udara yang dingin dengan kekuatan besar memecah massa udara yang panas dan kemudian massa yang lebih ringan terangkat keatas. pergolakan udara dengan pusaran-pusaran bergerak ke atas sehingga bertemulah masa udara panas dan dingin yang dibatasi oleh garis yang disebut garis front.

Soal

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
    a. Udara jenuh
    b. El Nino
    c. Depresi polar

jawaban

6.a. Udara jenuh adalah suatu kondisi dimana udara tidak lagi mampu menampung uap air , jika udara jenuh diberikan uap air maka uap air tersebut akan segera mengembun.

6.b. El Nino adalah fenomena global dari sistem interaksi lautan atmosfer yang ditandai memanasnya suhu muka laut di equator pasifik timur (Nino 3) atau anomali suhu muka laut di daerah tersebut positif (lebih panas dari rata-ratanya) fenomena menyebabkan curah hujan di sebagian wilayah indonesia berkurang.

6.c. Depresi polar adalah suatu daerah  tekanan udara yang rendah yang terjadi atau terbentuk didaerah sedang.

Soal

7.a. Jelaskan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh inti kondensasi yang baik
   b. Inti kondensasi dalam atmosfer terdiri dari apa saja ? Jelaskan Baso !!!
  
Jawaban

7.a.Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh inti kondensasi yaitu :
   1. Hygroskopis ialah sifat dapat menarik dan menyerap uap air dari dalam udara atau atmosfer sekitarnya
   2. Dapat menyerap panas kondensasi atau panas pembekuan yang timbul ,dengan berlangsungnya proses  kondensasi atau sublimasi

7.b. Inti kondensasi dalam atmosfer terdiri dari :
   - Kristal-kristal garam dapur yang naik ke udara dengan ada percikan gelombang laut, kemudian terbawa tiupan angin sampai ke atmosfer yang cukup tinggi.
   - Titik-titik debu atau abu yang terbawa naik ke udara ,abu gunung berapi yang terlempar ke atmosfer waktu gunung meletus
   - Amoniak, asam belerang, sufida dan lain-lainnya yang umumnya banayk terdapat diatas kota-kota industri




No comments:

Post a Comment