Google+ Followers

Tuesday, April 30, 2013

Memuat - Soal 1

Soal 1 :

Sebuah kapal Full Container memiliki 12 BAY ganjil, dimana bay 01 s/d 05 terdiri dari 6 ROW, sedangkan BAY 07 s/d 23 terdiri dari 8 ROW. Setiap bay terdiri dari 3 TIER IN HOLD dan 3 TIER ON DECK.
hitung berapa TEUS carrying capacity kapal tersebut?

Jawaban :

BAY     =    1     3     5     7     9   11   13   15   17   19   21   23
ROW    =   6     6     6     8     8    8     8     8     8     8     8     8
TIER     =   6     6     6     6     6    6     6     6     6     6     6     6
                 36   36   36   42   42   42   42   42   42   42   42   42   = + = 486 TEUS

- Jadi, kapasitas kapal tersebut sebanyak 486 TEUS

Stabilitas Kapal - Soal 4

Soal 4 :

Sebuah kapal berlayar dengan draft rata-rata = 72 dm memasuki pelabuhan dengan bj air = 1,015 di pelabuhan tersebut muat selama 4 hari, 1.000 ton sawn timber dan kembali berlayar ke laut. Jika FWA = 18 mm pemakaian di pelabuhan bahan bakar  5 ton/hari dan air tawar 12,5 ton/hari, TPC rata - rata = 17,5.
Hitung sarat rata - rata setibanya di sungai dan setibanya kembali di laut.

Jawaban :

DWA   =   FWA   x   Bj air laut   -   Bj air payau
                                  Bj air laut   -   Bj air tawar
            =   18 mm   x   1,025  -  1,015
                                    1,025  -  1,000
            =   18 mm   x   0,010
                                    0,025
            =   18 mm   x  0,4
            =   7,2 mm

Draft di laut             =   7200   mm
DWA                      =        7,2 mm
Draft di pelabuhan   =   7207,2 mm

- Jadi, draft kapal pada saat setibanya di pelabuhan = 7207,2 mm = 72,072 dm

Pemakaian selama di pelabuhan 4 hari ;
FO                =     5   ton   x   4 hari   =   20 ton
FW               =   12,5 ton  x   4 hari   =   50 ton +
Total pemakaian selama di pelabuhan  = 70 ton

Memuat sawn timber           =   1.000 ton
Pemakaian di pelabuhan      =        70 ton
Penambahan berat               =      930 ton

Penambahan draft kapal   =   Penambahan berat
                                                     TPC
                                        =   930
                                             17,5
                                        =   53,14 cm = 531,4 mm

Draft di pelabuhan            =   7207,2 mm
Penambahan draft kapal   =     531,4 mm +
Draft setelah muat            =   7738,6 mm

DWA   =   FWA   x   Bj air payau - Bj air laut
                                 Bj air laut - Bj air tawar
            =   18 mm  x  1,025 - 1,015
                                  1,025 - 1,000
            =   7,2 mm

Draft di pelabuhan         =   7738,6 mm
DWA                            =         7,2 mm -
Draft di laut                   =   7731,4 mm

- Jadi, draft rata - rata kapal sekembalinya di laut setelah muat adalah 7731,4 mm = 77,314 dm

Stabilitas kapal - soal 3

Soal 3 :

Sebuah kapal dipelabuhan dalam keadaan miring 7 derajat kanan, akan muat 400 ton yang akan ditempatkan 7 meter di kiri bidang simetri dan 5 meter di kanan bidang simetri kapal. Jika displacement = 6.000 ton dan GM = 1 meter, Tg 7 = 0,123.
Hitunglah bobot masing - masing muatan dikiri dan di kanan bidang simetri agar kapal bertolak dengan kondisi tegak.

Jawaban :

Tg o   =   GG1
                GM

 GG1 =   Tg 7   x   GM
          =   0,123 x 1 m
          =   0,123 m

Listing Moment   =   Displacement   x   GG1
                            =   6.000 ton   x   0,123 m
                            =   738 ton.meter

Misalkan muatan di kiri = a ton
misalkan muatan di kanan = (400 - a) ton
Supaya kapal tegak, maka moment kiri harus lebih besar dari moment kanan.

(7 x a) - 5(400 - a)   =   738 ton.meter
    7a - 2.000 + 5a)   =   738
                  7a + 5a   =   738 + 2.000
                        12a   =   2.738
                            a   =   2.738
                                         12
                            a   =   228,17 ton

- Jadi, berat muatan di kiri = 228,17 ton
           berat muatan di kanan = 400 - a
                                               = 400 - 228,17
                                               = 171,83 ton

Satbilitas kapal - soal 2

Soal 2 :

Sebuah kapal selesai muat dengan sarat rata - rata = 86 dm, akan keluar dari pelabuhan dimana terdapat daerah dangkal di peta = 74 dm. Prediksi pasang malam ini pada jam 24.00 maksimum 80 cm. Pandu minta UKC ( Under Keel Clearance ) = 30 cm, TPC = 20 ton.
Berapa ton air ballast yang harus dibuang dari tangki Double Bottom yang berada di tengah kapal agar bisa keluar pada jam 24.00.

Jawaban :

Kedalaman di peta                     =   740 cm
Air pasang jam 24.00                 =     80 cm +
Kedalaman setelah pasang         =   820 cm
UKC (Under Keel Clearance)   =     30 cm -
Draft Maksimal Kapal               =   790 cm

Draft awal kapal     =   860 cm
Draft Max kapal     =   790 cm -
Selisih Draft           =     70 cm

Berat Ballast       =   Selisih draft x TPC
                           =   70 cm x 20 ton
                           =   1.400 ton

- Jadi, berat air ballast yang harus dibuang dari tangki Double Bottom seberat 1.400 ton.

Stabilitas Kapal - soal 1

Soal :

Sebuah kapal memiliki displacement 5.000 ton, KG = 4,5 m melakukan kegiatan sebagai berikut :
a. Muat 2.000 ton dengan COG = 3,6 m
b. Muat 1.000 ton dengan COG = 7,6 m
c. Muat sejumlah muatan di deck dengan COG = 12,1 m.
Hitunglah berat muatan yang dapat dimuat di deck agar kapal bertolak dengan GM tidak kurang dari 0,3 m bila diketahui KM akhir = 5,3 m?

Jawaban :

KG akhir = KM Akhir - GM = 5,3 m - 0,3 m = 5,0 m

     Berat     VCG     Moment
   5.000   x   4,5   =   22.500
+ 2.000   x   3,6   =     7.200
+ 1.000   x   7,6   =     7.600
+     y      x   12,1 =     12,1y              
(8.000+y) x  5,0   =   37.300 + 12,1y
      40.000 + 5y   =   37.300 + 12,1 y
         12,1y - 5y   =   40.000 - 37.300
                  7,1y   =   2.700
                       y   =   2.700
                                   7,1
                       y   =   380,28 ton
- Jadi, berat muatan yang dapat dimuat dideck sebesar 380,28 ton

Tuesday, April 9, 2013

Isyarat Visual


CALL SIGN:
1. ship station.
-        dari 1 karakter pertama.
-        2 karakter + 2 huruf .
-        2 karakter + 2 hrf + 1 digit selain 0 & 1.
-        2 karakter (asalkan karakter  kedua adalah huruf & 4 digit).
-        2 karakter + 1 huruf + 1 digit.
2. coast station:
- 2 karakter + 1 huruf .
- 2 karakter paling banyak 3 digit.(selain angka 0 & 1)
3. Air craft station (stasiun 
    Pesawat terbang )
- 2 karakter + 3 huruf.
4. ships survival craft stasiun.
- CS kapalnya + 2 digit.
5. air craft survival station.
- CS kapalnya + 1 digit selain  
   1 & 2

ARTI KODE2 ;
 D + 4/6 angka: Tgl/bulan/tahun
 T + 4 angka : waktu setempat
 Z + 4 angka: waktu UTC
 A + 3 angka : baringan
 C + 3 angka : haluan
 G + 5 angka: bujur
 L + 4 angka : lintang
 S : kecepatan dlm knot
 V ; kecepatan dlm km/jam
 R : jarak